4 Cara Teruji Meningkatkan Trafik Blog Secara Drastis

4 Cara Teruji Meningkatkan Trafik Blog Secara Drastis

Berapa total pengunjung blog Anda selama 1 bulan ini? Apakah ada peningkatan? Tak sedikit orang-orang yang jumlah pengunjung blognya cenderung stagnan. Karena memang cara promosinya kurang tepat. Seperti halnya hanya share link postingannya ke profil pribadi facebook dan twitter saja. Plek. Tanpa memikirkan apakah sesuai dengan target pembaca, apakah sudah cukup menarik, dan sebagainya.

Nah, berikut ini, adalah 4 cara yang sudah teruji selama 2014 ini, untuk meningatkan traffic beberapa blog. Silahkan Anda simak.

1. Semua Akan Indah Pada Waktunya

Sering dengar kalimat tersebut? Nah, jangan Anda kira bahwa kalimat tersebut hanya ada dalam pembahasan percintaan. Hehehe! Sejatinya, dalam dunia blogging pun kalimat tersebut merupakan sebuah pedoman.

Yaps, Anda harus mengetahui, kapan sih waktu pembaca Anda online? Blog yang jenis pembacanya adalah mahasiswa, pasti berbeda dengan blog yang jenis pembacanya adalah ibu-ibu, pasti berbeda dengan blog yang jenis pembacanya atlit. Dengan kata lain, Anda ketahuilah, pembaca Anda itu tipenya bagaimana. Umurnya kisaran berapa, laki-laki atau perempuan, aktivitas sehariannya apa, minatnya apa. Agar Anda tahu kapan waktunya mereka online. Nah, saat mereka sedang online itu, saatnyalah Anda share artikel Anda! Bisa via grup facebook tentang topik itu, via email, fanpage, twitter, dan sebagainya.

Atau, Anda bisa juga mengetahui prime time sharing link blog Anda, melaluiGoogle Analytic dan Insight Fanpage (kalau blog Anda punya fanpage-nya).

2. Pastikan Judul Artikel Blog Anda Menarik Banget

Judul artikellah yang menentukan apakah artikel Anda akan dibaca atau tidak. Itu sebabnya banyak blogger yang menghabiskan waktunya berhari-hari, hanya untuk memikirkan judul apa yang menarik.

Pertanyaannya, judul yang menarik itu yang bagaimana? Ciri-cirinya adalah, judul yang akan membuat sang pembaca medapatkan KENIKMATAN, dan terhindar dari KESENGSARAAN. Intinya: tonjolkan MANFAAT. Lebih bagus lagi kalau dikonkritkan dengan angka. Tentunya, lagi-lagi, sesuaikanlah dengan karakteristik target pembaca Anda.

Contoh:

  • 7 Formula Pemicu Bisnis yang Baru Anda Buka Agar Langsung Laris
  • 101 Trik Agar Tetap Sehat Meski di Depan Laptop
  • 10 Sebab Kenapa Anda Suka Menunda-Nunda, dan Bagaimana Cara Mengatasinya
  • 13 Perbedana Antara Pacar yang Akan Menyengsarakan, dengan Suami/Istri yang Akan Mengayomi
  • Orang-Orang yang Tidak Gampang Ngantuk, Tidak Melakukan 20 Hal Ini
  • Dan lain-lainnya

Menarik kan?

Selain itu, judul yang mengandung kata-kata berikut ini juga teruji mendapatkan klik yang banyak:

  • Bagaimana cara (Angka) 7, 10, 30, 101
  • Gratis
  • Anda
  • Tips
  • Trik
  • Kenapa
  • Terbaik (kata-kata hiperbola) luar biasa, hebat, dahsyat

Untuk melatih agar bisa membuat judul yang menarik, cobalah sekarang Anda buka artikel yang menurut Anda judulnya menarik. Lihat, apa formula judulnya?

3. Tambahkan Media

Yang namanya postingan blog, tidak melulu harus berisi tulisan saja. Mulai rajin-rajinlah Anda masukkan beberapa gambar, embed video YouTubebullet list, quotes SlideShare, dan lain-lain sebagainya. Karena, terbukti, dengan adanya media-media seperti itu, bisa memicu pembaca Anda untuk men-share artikel Anda.

Kemarin, ada artikel saya yang dapat sekitar 1.000 views dalam waktu kurang dari 48 jam. Banyak yang nge-share di facebook soalnya. Karena memang, di artikel itu saya pajang gambar-gambar quotes gitu, ada video YouTube juga, dan yang tak kalah bikin heboh, ada saya pasang Slideberupa solusi dari permasalahan yang saya paparkan di artikel tersebut.

4. BERDIRI DI ATAS BAHU RAKSASA

Setiap artikel yang kita publish, pasti kita harapkan agar artikel tersebut tersebar luas, banyak yang baca, banyak yang share, dan banyak yang komen. Tapi, ternyata, tidak begitu. Sementara, kok orang lain bisa begitu ya? Nah, dari situ kelihatan kuncinya. Kenapa kita tidak buat saja artikel yang lebih baik dari artikel orang tersebut?

  • Kalau orang lain membahas 10 hal, bagaimana kalau Anda bahas 101 hal?
  • Kalau orang lain desainnya acak-acakan, bagaimana kalau Anda buat yang desainnya elegan?
  • Kalau orang lain pembahasannya kurang up-to date, bagaimana kalau Anda buat yang up-to date?

Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan hal-hal yang lebih baik daripada blog yang sukses tersebut. Pengunjung yang lebih banyak, shareyang lebih banyak, dan komentar yang lebih banyak.

Caranya pertama-tama adalah, silahkan Anda temukan blog yang satu topik juga dengan blog Anda, yang bisa dibilang berhasil. Yang mana blog itu banyak pengunjungnya, banyak yang share ke social media, dan banyak juga yang komen. Mungkin Anda bisa mengetahuinya dengan menggunakan OpenSiteExplorer atau BuzzSumo. Dari OSE, Anda bisa mengetahui artikel mana yang paling tinggi authority-nya dari blog tersebut, beserta situs lain apa saja yang memberikan backlink ke artikel di blog tersebut. Dari BuzzSumo, Anda bisa mengetahui artikel mana yang paling banyak di-share dari blog tersebut.

Nah, Anda tinggal buat artikel yang mirip seperti itu. Tapi, Anda buat yang lebih bagus dari itu! Kemudian, kalau sudah jadi, silahkan Anda “lempar” langsung artikel tersebut ke orang-orang yang telah men-shareke social media, maupun yang telah memberikan backlink ke artikel sukses yang tadi itu.

Advertisements

2 thoughts on “4 Cara Teruji Meningkatkan Trafik Blog Secara Drastis

    • Kalau soal berapa lamanya itu relatif gan, yang penting terus update blognya, nanti perlahan bakalan naik sendiri. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s